Instalasi Golang di Windows

20 January, 2024 by Array Rebellion · 0 likes

Untuk memulai menggunakan Golang, kita perlu menginstalnya terlebih dahulu di komputer kita. Proses instalasi Golang cukup sederhana dan tidak memerlukan konfigurasi yang rumit. karena komputer yang saya gunakan saat ini adalah Windows 11, maka pada artikel kali ini saya akan melakukan instalasi Golang pada sistem operasi Windows, berikut langkah-langkah nya :

  1. Unduh file instalasi Golang dari situs resminya: https://golang.org/dl/. pilih Microsoft Windows. Berikut file yang berhasil kita download, jalankan file instalasi dengan double click atau click kanan lalu pilih Open.
  2. Maka akan muncul tampilan setup seperti di bawah, pilih tombol Next.
  3. Lalu akan muncul End-User License Agreement, jika diperlukan silakan membaca paragraf mengenai EULA untuk memahami hak dan kewajiban terkait penggunaan Go. Beberapa Poinnya akan saya tulis pada bagian akhir artikel ini. Jangan lupa untuk menyetujuinya dengan memilih checklist pada kalimat “I accept the term in the License Agreement”. Lalu pilih tombol Next.
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan untuk menentukan letak folder atau direktori dimana Go akan diinstall, saya memilih untuk tidak merubahnya pada instalasi yang saya lakukan berada pada folder “C:\Program Files\Go\”. Jika Anda akan mengubahnya pilih tombol Change lalu pilih folder yang Anda inginkan, jika tidak maka pilih saja tombol Next.
  5. Pada tampilan berikutnya, Go telah siap untuk diinstal, jika Anda telah yakin dengan pilihan-pilihan sebelumnya, maka pilih tombol Install.
  6. Biasanya akan muncul prompt terkait User Account Control (UAC) dari Windows yang memastikan bahwa Anda mengijinkan Go untuk diinstall di komputer Anda, maka pilih saja “Yes”.
  7. Instalasi akan berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Jika proses instalasi sudah selesai maka akan muncul tampilan berikut. Pilih saja Finish.
  9. Untuk memastikan Go sudah terinstall, silakan buka command prompt (cmd), lalu ketikan perintah “go version” jika muncul “go version go1.21.6 windows/amd64” berarti go sudah terinstall pada komputer kita.

Untuk melakukan instalasi pada sistem operasi lain seperti Linux ataupun MacOS, Anda dapat berkunjung ke situs resmi Go, https://go.dev/doc/install#install. Di sana juga dilampirkan link untuk melakukan instalasi dengan banyak versi Go dan juga cara untuk menghapusnya, selain itu ada juga cara untuk melakukan instalasi Go dari kode sumber. Jika Anda mengalami kasus atau permasalahan dalam menginstal atau menggunakan Go tidak ada salahnya untuk mengunjungi situs resminya terlebih dahulu, sebelum bertanya di forum.

Terkait EULA, End-User License Agreement (EULA) adalah perjanjian hukum yang menetapkan kondisi dan persyaratan penggunaan perangkat lunak. EULA memberikan hak-hak dan kewajiban bagi pengguna perangkat lunak tersebut. Dalam konteks pernyataan hak cipta yang Anda berikan dari instalasi Go, EULA tersebut menyampaikan beberapa poin penting:

  1. Pemberian Izin (Redistribution and use): Anda diizinkan untuk mendistribusikan dan menggunakan perangkat lunak Go, baik dalam bentuk kode sumber maupun biner, dengan atau tanpa modifikasi.
  2. Syarat Distribusi Kode Sumber dan Biner:
    • Jika Anda mendistribusikan kode sumber, Anda harus menyertakan pemberitahuan hak cipta, daftar syarat-syarat, dan penolakan tanggung jawab seperti yang tercantum dalam perjanjian ini.
    • Jika Anda mendistribusikan bentuk biner, Anda juga harus menyertakan pemberitahuan hak cipta, daftar syarat-syarat, dan penolakan tanggung jawab tersebut dalam dokumentasi atau materi lain yang disertakan dengan distribusi tersebut.
  3. Pembatasan Penggunaan Nama: Anda tidak diizinkan menggunakan nama Google Inc. atau nama-nama kontributor lainnya untuk memberikan dukungan atau mempromosikan produk turunan dari perangkat lunak ini tanpa izin tertulis khusus.
  4. Penolakan Tanggung Jawab:
    • Perangkat lunak disediakan "AS IS" tanpa jaminan apapun. Ini termasuk jaminan tersirat mengenai keberhasilan dagang atau kesesuaian untuk tujuan tertentu.
    • Tidak ada tanggung jawab bagi pemilik hak cipta atau kontributor atas kerugian langsung, tidak langsung, insidental, khusus, atau konsekuensi yang mungkin timbul dari penggunaan perangkat lunak.
  5. Pemberitahuan Kemungkinan Kerusakan: Meskipun ada penolakan tanggung jawab, pemberitahuan disampaikan bahwa ada kemungkinan kerusakan, termasuk kerugian data, keuntungan, atau bisnis akibat penggunaan perangkat lunak.

Ini adalah beberapa poin penting dalam EULA Go, yang memastikan bahwa penggunaan dan distribusi perangkat lunak ini tunduk pada kondisi tertentu dan mengurangi tanggung jawab dari pemilik hak cipta dan kontributor. EULA ini bersifat umum dan mematuhi prinsip-prinsip lisensi perangkat lunak open-source.

Silakan berkomentar, Kamu akan jadi yang pertama!

Login to make a comment.